Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Pengajuan Kartu Kredit Yang Harus Kau Pahami

Seputar Pengajuan Kartu Kredit yang Harus Kamu Ketahui.Zaman digital dan serba praktis dikala ini banyak mendorong orang untuk melakukan pengajuan kartu kredit. Hal ini alasannya adalah nyaris seluruh kegiatan transaksi di hidup kita bisa dijalankan dengan mudah kalau kita mempunyai kartu kredit.

Terlepas dari pro dan kontra kartu kredit. Hal ini kembali kepada sipembuat atau pengguna kartu kredit itu sendiri. Bagaimana keuangannya sehari-hari dan pengaturan penggunaannya. Jadi tidak terjebak dengan hal-hal jelek yang terkait seputar kartu kredit. Pengajuan kartu kredit main hari kian meningkat. 


Berdasarkan data statistik pembayaran Bank Indonesia (BI) yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (2/2/2018), total transaksi kartu kredit sepanjang tahun lalu secara nominal mencapai Rp 297,4 triliun, dengan volume transaksi sebanyak 326,9 miliar.

Adapun penggunaan kartu kredit belanja sepanjang tahun kemudian secara nominal meraih Rp 288,3 triliun dengan volume transaksi belanja meraih 318,6 miliar. Jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 17,2 juta di 2017.

Pengertian Kartu Kredit

Bagi yang tahu apa itu kartu kredit, mungkin klarifikasi ini bisa membantu Anda, Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No: 14/2/PBI/2012 pasal I ayat 4, Kartu Kredit yakni Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembayaran atas keharusan yang muncul dari suatu kegiatan ekonomi, tergolong transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melaksanakan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melaksanakan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Nah, bila Anda memiliki cita-cita untuk melaksanakan pengajuan kartu kredit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya bisa juga dengan melaksanakan pengajuan kartu kredit secara online silakan kunjungi situs CekAja.com. Untuk pengajuan kartu kredit secara offline. Anda bisa tiba pribadi ke bank terdekat.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Berikut ini bisa jadi gambaran secara lazim, syarat dan kelengkapan dokumen . Jika ingin melaksanakan pengajuan kartu kredit secara online di CekAja.com

Berdasarkan Usia

Pemegang kartu utama: minimum 21 tahun, maksimum 65 tahun.
Pemegang kartu embel-embel: minimum 17 tahun, maksimum 65 tahun.
Pengajuan aplikasi kartu kredit mempunyai batas usia yang wajib dipenuhi.

Berdasarkan Penghasilan (sesuai level kartu)

Silver: Rp 36 juta/tahun
Gold: Rp 45 juta/tahun
Platinum: Rp 120 juta/tahun
Infinite: Rp 600 juta/tahun

Dokumen yang Dibutuhkan

Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
Fotocopy informasi penghasilan/slip honor
Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki)
Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha)
Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha)
Fotokopi informasi izin praktik (untuk profesional)

Kelengkapan syarat ini akan mempengaruhi lamanya pengajuan kartu kredit untuk disetujui. Oleh alasannya adalah itu sebelum menciptakan pengajuan kartu kredit, sebaiknya semua syarat dan dokumen yang diharapkan sudah Anda cek dan tersedia lengkap. 

Bank Apa Saja Penerbit Kartu Kredit

Jika menciptakan secara online  di CekAja.com ada lebih dari 18 bank yang mempublikasikan produk kartu kredit dengan aneka macam keunggulannya.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC)
PT Bank CIMB Niaga Tbk
PT Bank Mega Tbk
PT Bank Danamon Tbk
Citibank Indonesia
Standard Chartered Bank
PT Bank Panin Tbk
PT Bank Bukopin Tbk
PT Bank Permata Tbk
PT BII Maybank Indonesia Tbk
PT Bank OCBC NISP Tbk
PT Bank ANZ Indonesia
PT Bank UOB Indonesia
PT Bank ICBC Indonesia
Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Banyak faktor pengajuan kartu kredit Anda ditolak, selain dari syarat dan data dokumen tidak lengkap. Di antaranya yaitu

1.Data Penghasilan Tidak Sesuai atau Tidak Mencukupi

Limit kartu kredit akan berbeda sesuai dengan keperluan kandidat pemegang kartu dan jumlah penghasilan yang dimilikinya.Rata-rata penghasilan minimum yang ditetapkan oleh bank ialah Rp3 juta. Nilai itu pun berlawanan pada setiap bank.

2. Rekam Jejak  Kredit Buruk

Pernah menunggak pembayaran tertentu? Rekam jejak kredit yang Anda miliki, seperti kredit kendaraan, cicilan KTA, dan lain sebagainya. Sangat besar lengan berkuasa pada proses pengajuan kartu kredit, bila anda pernah menunggak.

3. Gagal Melakukan Verifikasi

Pastikan dikala mengisi formulir pengajuan kartu kredit, Anda diharuskan mengisi data formulir yang berisi nomor telepon langsung, kantor, rumah, dan keluarga dekat yang mampu dihubungi.

4. Pekerjaan Tidak Tetap

Jika  Anda sering berpindah-pindah kerja? Hal ini akan  menciptakan bank memikirkan kembali pengajuan kartu kredit Anda. Sebab, mampu dianggap selaku seseorang yang tidak loyal.

5.Perusahaan Tidak diblacklist

Perusahaan yang masuk dalam daftar blacklist di Bank Indonesia balasan kredit akan menciptakan bank mempertimbangkan kembali pengajuan kartu kredit pegawainya.

6. Tidak Mengajukan di Bank Tempat Menabung

Sebaiknya Anda pengajuan kartu kredit dikerjakan di bank dimana Anda menabung dan bertransaksi secara aktif. 

7. Banyak Kartu Kredit

Dalam peraturan BI, pihak penerbit kartu kredit optimal cuma mampu memberikan dua kartu bagi satu nasabah. Kecuali Anda memiliki  penghasilan di atas Rp10 juta per bulan.
Keuntungan Memiliki Kartu Kredit



Berikut yakni beberapa poin laba dasar dari suatu kartu kredit yang mampu Anda pahami:

Mempermudah alat pembayaran
Menjaga jumlah uang tunai (cash)
Mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan
Memiliki akomodasi untuk mengeluarkan uang pengeluaran berkala , mirip tagihan rumah tangga
Memberi servis asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut
Mempermudah transaksi belanja di internet

Bagaimana, apakah Anda sudah mantap untuk melaksanakan pengajuan kartu kredit. Semoga gosip seputar pengajuan kartu kredit ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda seputar pengajuan kartu kredit. Untuk menerima gambarannya secara biasa silakan kunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit. Semoga isu ini berguna bagi Anda.