Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melengkapi Keperluan Serat Anak Yang Tidak Doyan Makan Sayuran

Melengkapi Kebutuhan Serat Anak yang Tidak Doyan Makan Sayuran. Anak ketiga saya, Athifah ( 5,9 bulan) jarang sekali makan aneka macam jenis sayuran. Bahkan bisa saya katakan beliau tidak doyan sayuran, sungguh berlawanan dengan kakaknya, yang doyan makan sayuran.

Seperti anak yang lain, Athifah sangat suka dengan olahan makanan kekinian dan ngak jauh-jauh yang ada ayamnya. Meski untuk olahan ayam tersebut, cuma sesekali saja ia makan makanan fast food.  Lebih seringnya makan olahan ayam tradisional. Seperti ayam bakar, ayam goreng ,ayam kecap, ayam gulai, sop ayam dan lain sebagainya.

Moga dengan minum yogurt kebutuhan serat Athifah mampu tercukupi. foto, dokpri

Kadang aku juga memaksa Athifah untuk lebih sering makan sayuran, dengan aneka macam cara. Pada awalnya aku menjajal memperlihatkan banyak sekali jenis sayuran , hampir saban hari aku masak sayur dengan aneka macam olahan menu. Akan namun Athifah hanya menyukai jenis sayuran tertentu, mirip bayam, kangkung, tetapi jikalau keesokan harinya aku masak kembali sayuran tersebut. Athifah tidak menyukainya lagi. Bosan, katanya. Kaprikornus aku masak sayur bayam atau kangkung hanya 1-2 kali di hari yang berbeda, dalam satu pekan.

Lalu saat menyuapi Athifah makan, aku kerap kali memasukan penggalan sayuran kecil ke dalam nasinya. Namun kadang, Athifah tahu dan mengeluarkan kembali dari mulutnya. Kalo ada ayam atau ikan, pasti hanya sayurannya disisihkan.Tidak disentuh sama sekali.

Untuk buah-buahan, alhamdulillah Athifah sungguh menggemari banyak sekali jenis buah-buahan. Apalagi yang rasanya anggun dan banyak airnya.Tentu saja, akan Athifah habiskan, kalo disuruh makan buah.

Usaha Saya Agar Anak Cukup Serat

Tapi Moms, aku ialah seorang ibu yang tidak mati gaya untuk terus membantu Athifah dalam memenuhi kebutuhan  seratnya saban hari. Sebab konsumsi serat itu penting untuk kesehatan anak. Ada banyak olahan serat yang mampu diberikan kepada anak, yang tidak mesti berbentuk sayuran. Jadi saya memilih olahan masakan lainnya untuk menyanggupi kebutuhan serat anak setiap hari, mirip minum susu, yought, dan lain sebagainya yang disenangi oleh bawah umur.

Oleh karena itu, aku akan melaksanakan bayak hal, asupan gizi yang masuk ke badan Athifah setiap hari sesuai dengan aliran gizi sebanding bagi anak. Moms , pasti tahu bahwa  kandungan serat dalam sayuran dan buah  akan membuat pencernaan sehat, tidak hanya itu, vitamin di dalamnya juga akan membantu perkembangan anak.

Athifah suka rasa Mangga, foto dokpri

Kebutuhan Serat Pada Anak

Anak-anak sama halnya dengan orang dewasa, juga membutuhkan serat untuk berkembang dan meningkat . 

Inilah jumlah keperluan serat perhari sesuai dengan usia:

Bayi 6-11 bulan    10 gram per hari
Anak 1-3 tahun    16 gram per hari
Anak 4-6 tahun    22 gram per hari

Kebutuhan serat dan sayuran tersebut, dapat diperoleh dengan memakan buah dan sayuran saban hari.“Manfaat serat aneka macam utamanya untuk anak usia balita. Di antaranya, serat mampu memperlancar saluran pencernaan dan mengembangkan sistem imunitas tubuh,” dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A.

Anak yang kurang Serat Akan Mengalami

Anak yang kurang serat akan mengalami berbagai gangguan, bukan hanya soal pencernaan dan proses BAB yang tidak tanpa hambatan. Namun kekurangan serat dapat menciptakan anak 1) Gampang kembung dan sembeli, 2) Sering Merasa Lapar Padahal Selesai Makan, 3) Praktis Lelah dan Tidak Bersemangat, 4.) Daya Tahan Tubuh Menurun, 5) Anak Praktis Gemuk

Solusi Melengkapi Kebutuhan Serat Pada Anak

Dirilis oleh Republika.co.id, Marketing Director Heavenly Blush, Ivone Aryanti, mengatakan Heavenly Blush memberikan solusi bagi permasalahan tersebut dengan Heavenly Blush Yo! 

Yogurt For Kids. Ini yaitu satu-satunya minuman yogurt untuk belum dewasa yang mengandung serat buah dan sayur. Dibuat tanpa bahan pengawet dan materi pewarna, sehingga ibu tidak perlu khawatir lagi memenuhi kebutuhan anak akan sayur.

“Yogurt ini mempunyai faedah dan keunggulan, yaitu mengandung nutrisi lengkap susu, basil baik, buah dan sayur, mengandung faedah nutrisi dari satu buah dan satu sayur, tanpa materi pengawet dan pewarna produksi serta kaya akan serat sayur buah. Varian yogurt ini ada banana berri brokoli dan mango carrot,” jelasnya.

Saya pun kepincut untuk memperlihatkan yogurt untuk Athifah, apalagi kemasan yogurt Heavenly Blush ini sungguh lucu, sehingga Athifah menyukainya. Gambarnya yang lucu membuat Athifah kesengsem untuk meminumnya. Rasanya yummy dan ngak bikin eneg. 

3 dari 4 opsi rasa, semuanya variasi sayur dan buah, foto dokpri
Mengenal Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids

Kaprikornus produk yogurt dari Heavenly Blush Yo! For Kids ialah yogurt yang yang dibuat susu sapi yang difermentasi oleh Bakteri Asam Laktat ( BAL ) : Streptococcus Thermophilus & Lactobacillus Bulgarius. Memang diformulasikan khusus sebagai yogurt anak, baik dari segi bungkus dan rasanya, memang disenangi oleh bawah umur.

Yogurt ini tinggi serat (High Fiber) dari buah dan sayuran dengan rasa yang lezat. Kaya akan nutrisi susu yang bagus untuk perkembangan. Tanpa materi pengawet, pewarna dan perasa buatan sehingga aman untuk disantap saban hari. Solusi terbaik untuk orang bau tanah yang ingin menambahkan keperluan serat sayur dan buah pada anak.
Yoghurt banyak mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi badan di antaranya vitamin BI, Vitamin B2, asam amino penyusun protein, kalsium, fosfor, protein lemak, karbohidrat, zat besi, retinol dan thiamine.  


Yoghurt berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker usus, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner.

Manfaat Yogurt :

•    Membuat BAB Teratur
•    Mencegah kanker usus
•    Meningkatkan imunitas
•    Membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak
•    Menurunkan kolesterol
•    menurunkan tekanan darah tinggi
•    Mencegah jantung koroner
•    Mencegah Osteoporosis
•    Menetralisir antibiotik
•    Mencegah keputihan pada wanita
•    Menghilangkan napas tidak sedap

Oh, ya Moms, bisa menunjukkan yogurt dalam banyak sekali kombinasi yah, selain diminum secara pribadi. Bisa juga dipakai untuk adonan minuman yang diminati oleh anak. Misalnya aneka jus, salad, sop buah, ice cream dan lain sebagainya. 

Variasi hidangan atau olahan yogurt ini penting dikerjakan ya Moms, semoga anak tidak bosan. Sebab, bagi Athifah atau anak yang lain yang tidak doyan makan sayuran. Tentu salahs atu solusinya yakni dengan minum yogurt untuk keperluan seratnya. Jika anak telah tidak menyukai minum yogurt, kemudian Moms, kita akan melaksanakan apa lagi yah. 

Kalo Athifah, menyukani minum yogurt secara pribadi, tetapi ia lebih memilih yogurt yang ada rasanya. Seperti Yo! Yogurt For Kids ini. Ada beberapa opsi rasa, variasi buah dan sayuran, sehingga sekali minum. Nutrisi serat dan buah dan sayuran mampu terpenuhi. Yo! Yogurt For Kids ini mampu dibeli di aneka macam swalayan ya Moms.Dengan harga kisaran Rp. 6.000 - Rp.9.000,- Kadang harga turun kalo sedang ada promo atau diskon.

Alhamdulillah, telah halal.. dokpri
Moms, tak perlu kuatir Yo! Yogurt For Kids ini sudah mendapatkan sertfikat halal MUI, jadi kondusif dikonsumsi dengan nyaman.

Oleh sebab itu, Moms jangan pernah putus asa ya untuk senantiasa berupaya untuk memperlihatkan anak asupan gizi yang terbaik. Termasuk memenuhi kebutuhan serat buah dan sayuran. Jika pencernaan anak sehat, maka tumbuh kembang anak juga berlangsung sesuai dengan tahapan usianya.

Salam,