Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masakan Yang Kondusif Dan Menyenangkan Bagi Anak

Makanan yang Aman dan Menyenangkan Bagi Anak. Annasya dikala ini berusia 2,7 bulan sedang belajar mengenal berbagai jenis masakan.  Sejak usia satu tahun. Annasya sudah mulai saya perkenalkan denggan menu keluarga. Meski secara sedikit demi sedikit. Disajikan terpisah dan dalam bentuk yang agak lunak. Namun menu makan Nasya tidak berlainan dengan kami. Jika hari itu sajian ayam, maka Nasya juga makan ayam, Cuma bentuk dan sajiannya aja yang berbeda.

Selama masa kemajuan usia bayi, pertambahan berat badan Nasya sangat pesat . Kemudian Nasya melambat pada usia 2 dan 3 tahun. Saat itu Ia aktif berjalan. Pada abad ini pertumbuhan fisik, intelektual dan sosial mulai berkembang. 


Ketergantungan anak pun mulai menyusut dan biasanya sudah mampu  memilih masakan yang diminati dan mulai menolak makanan. Begitu juga dengan keperluan kuliner anak  akan kian meningkat sesuai dengan usia dan kegiatan anak. Oleh alasannya adalah itu setiap hari nafsu anak mampu naik turun. 

Bagi sebagian anak, aktivitas makan kadang-kadang merupakan hal yang kurang  menggembirakan alasannya adalah pada usia ini hal yang mengasyikkan yakni bermain. Anak mampu menahan lapar demi bermain.Bahkan mampu sampai sepanjang hari anak tidak makan sebab asik bermain. Begitu juga dengan Annasya, kalo udah asik main, lupa makan.

Jika orang bau tanah disiplin dan terus sabar mengarahkan anak untuk menunjukkan anak kuliner sehat dan seimbang. Apalagi tidak diajarkan  sejak dini. Maka akan timbul berbagai gangguan makan pada anak. Akibat lebih buruknya maka akan timbul banyak sekali masalah pencernaan pada anak. Hal ini juga bisa menjadi gerbang masuknya aneka macam jenis penyakit. Oleh alasannya adalah itu orang bau tanah mesti bisa menjaga pencernaan anak untuk tetap sehat. Kesehatan jalan masuk cerna dan perut yag sehat itu sangat penting bagi anak. 

7 Kehebatan Perut Sehat

1. Pencernaan Nyaman

Perut sehat berfungsi dengan baik sehingga tidak menganggu kegiatan anak. Ada perumpamaan nenek Nasya,kalo perut anak terisi dengan baik,maka sehari penuh bawah umur bergairah melakukan apa saja.Tidak mudah rewel dan nangis. Oleh alasannya adalah itu perlu sekali membuat anak kenyang.

2.Penyerapan Nutrisi

Perut sehat dapat membantu absorpsi nutrisi ke seluruh badan selaku sumber energi dan pembentukan sel. Anak yang aktif butuh asupan gizi dan mineral serta air putih yang banyak. 

3.Pencernaan Lancar

Perut sehat menciptakan jalan masuk cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB si kecil jadi lebih baik

4.Perlindungan Alami

70 % sel perlindungan badan alami hidup di perut sehat. Anak yang perutnya sehat dan suka makan.Maka tidak mudah jatuh sakit alasannya daya tahan tubuhnya besar lengan berkuasa.

5. Tumbuh Kembang Optimal

Nutrisi untuk berkembang kembang maksimal ditemukan dari perut yang sehat. Anak yang gizinya tercukupi dengan baik. Maka berkembang kembangnya juga akan baik.

6. Cepat Tanggap

100 juta sel syaraf terdapat dalam perut menjinjing gosip ke otak. Nutrisi dan perut yang sehat juga akan membuat anak bergairahdan mempunyai tanggapanyang baik, punya tenaga.

7. Suasana Hati

90 % hormon seretonin yang mengendalikan suasana hati dibuat dalam perut sehat. Serotonin yaitu neurotransmitter utama yang dihaslkan oleh terusan cerna untuk selanjutnya diantarke otak. Sekitar 95 % serotonin di dalam badan ditentukan di dalam kanal cerna . Saat serotonin dilepaskan oleh saluran cerna, otak akan menerima sinyal yang mengontrol situasi hati (mood), selera makan, tidur dan kenangan. Kekurangan serotonin dapat mengakibatkan tertekan, kecemasan,kualitas tidur yang buruk, daya ingat berkurang, dan kesusahan tidur.

Mengatur Anak Susah Makan

Annasya sangat menggemari makan wortel, jikalau aku masak atau membeli sop. Baik daging atau ayam. Maka, untuk wortel. Hampir bisa dipastikan, kedua kakaknya , saya dan suami tidak akan mendapatkan makan wortel. Waktu pertama sekolah, bu guru Nasya sempat kaget. Ketika jam makan tiba, kebetulan hari itu sajian Sop. Bu guru melihat Nasya begitu lahab makan wortel, hihihi. Selain wortel. Nasya juga suka lalap Kol. Kemudian di hari-hari tertentu, malah cuma mau makan nasi saja, tidak pake lauk apa pun. Lucu ya belum dewasa.

Sama halnya dengan kita orang akil balig cukup akal, kadang ga mood untuk makan atau malah ingin makan jenis makanan tertentu saja. Bahkan anak-anak juga mampu melaksanakan aksi mogok makan.  

Saya telah melaksanakan beberapa hal untuk mengajak Nasya agar mau makan termasuk makan banyak sekali jenis bahan makanan 

1. Mengajak anak makan dengan sarat kasih sayang. Bisa juga disampaikan pengertian perihal arti penting makan. Anak-anak juga akan berimajinasi perihal kuliner tersebut.

2. Mencoba menyertakan hal-hal yang menggembirakan bagi anak. Seperti musik, nonton Tv. Yang penting dijalankan sambil duduk , anak harus tetap diajarkan untuk makan dalam kondisi duduk. Meski tidak harus ditempat duduk, sembari diajak ngobrol atau diberikan pengertian seputar masakan.

3.Anak yang kesepian akan sukar makan. Solusinya ajak sahabat makan. Saya biasanya mengajak kakaknya untuk makan bersama-sama. Untuk mengawalmakan. Bahkan perlengkapan dan peralatan makan mereka pun sama. Kalo tidak ada kakaknya, maka aku sering ikutan makan juga.

4.Ajak anak makan bersama di meja makan dalam situasi keluarga yang gembira.Biarkan saja kalau anak ingin makan sendiri. Meski berantakan. Beri kesempatan pada anak untuk melaksanakan kegiatan makan sendiri.Mungkin akan merepotkan tapi usang kelamaan nanti anak akan sudah biasa. Kita tetap memantau, apakah kuliner memang dikonsumsi atau cuma dimainkan saja. Kita mampu mempergunakan moment tersebut untuk mengajarkan anak bagaimana makan yang baik.

5. Buatlah acuan jam makan yang teratur agar anak mengenal kapan mesti makan dan dijadikannya fatwa. Kapan jam sarapan, makan siang, makan malam, waktu makanan ringan. Pola ini mungkin akan membuat anak tidak tenteram.

6. Jika anak tidak menggemari makanannya,maka carilah gantinya yang cocok dan tidak menyimpang dari keperluan gizinya. Jika cuma sebab anak berkata telah kenyang. Maka yang perlu kita lakukan yaitu menanti dan bersabar. Kita bisa juga mengajak anak membeli bahan makanan di warung sayur atau pasar. Sesekali boleh juga mengajak anak mengolah masakan.

Jika asupan gizi anak yang dikonsumsi saban hari tidak sebanding atau tidak lengkap.Maka kita mampu melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak dengan memberikannya susu. Salah satu susu yang memperhatikan dan menunjukkan kenyamanan pencernaan anak yaitu susu Bebelac gold.  

Kandungan Bebelac Gold

Bebelac Gold baru dengan kandungan tinggi serat untuk dukung perut si kecil semoga sehat dan berfungsi baik. Kandungan gizi Bebelac Gold yakni :

1. Fish Oil

Dengan minyak ikan 0,32%, Asam α-linolenat (Omega 3) 114mg/saji dan Asam linoleat (Omega 6) 1273 mg/saji

2. Corn Starch Fos:Gos 1:9 

Tinggi serat pangan. Dibuat dengan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) 1,07%. Dengan  minum 3 kali sehari mampu membantu memenuhi kebutuhan serat harian

3. 13 Vitamin dan 7 Mineral

Dengan kandungan Zat besi, Zinc, Iodium, Vitamin A dan Kalsium

Pengalaman Nasya Minum Susu Bebelac Gold

Susu Bebelac gold ini sesudah diminum Nasya menunjukkan efek kenyang.Biasanya kalo diberikan sebelum tidur, maka Nasya akan lelap tidurnya tidak gampang tersentak atau terbangun. 

Kalo di pagi hari,hampir sama memberi rasa kenyang,nyaman di perut dan semangat melaksanakan banyak acara. Bermain juga betah,ga rewel. Saya pun juga senang, sebab Nasya jadi lebih berdikari dan bisa main sendiri.

Untuk BAB, Alhamdulillah tanpa kendala setiap hari,di pagi hari Nasya BAB dengan tanpa kendala.Minimal satu kali sehari Nasya BAB. Buang air besarnya juga normal,tidak disertai dengan rasa sakit atau keluhan.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut. Bebelac Gold diandalkan dengan tinggi serat dan dapat menolong memenuhi keperluan serat harian sikecil untuk dukung perut si kecil biar mampu hasilkan 7 kedahsyatan perut seperti cepat tanggap, pertolongan alami,pencernaan nyaman dan lain sebagainya.

Saya memberikan susu dua kali sehari untuk melengkapi nutrisi Nasya saban hari. Dalam hal ini susu bukan selaku pengganti jenis asupana atau gizi tertentu untuk anak. Akan tetapi selaku pelengkap gizi anak. 

Oleh alasannya itu pastikan bahwa anak juga mengkonsumsi jenis makanan yang yang lain.  Salam,

Posting Komentar untuk "Masakan Yang Kondusif Dan Menyenangkan Bagi Anak"