Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kabar Taman Sampaumur Bengkulu? Aku Rindu !

Mulai masuk tamat tahun dan piknik  sekolah ini . Sebelumnya hampir semua sekolah melakukan kumpul dan silaturahim para wali dan guru di setiap sekolah.  Biasanya dikerjakan di luar sekolah. Dimana , nyaris semua kawasan – daerah objek rekreasi di kota Bengkulu, niscaya ramai dikunjungi orang-orang.


Salah satunya adalah Taman Remaja, saya dan keluarga besar Paud Mutiara Insani. Tempat Kakak Nawra bersekolah dulu juga pernah menyelenggarakan kegiatan kumpul bersama di sana.Untuk pembagian raport sekaligus silaturahim antara wali murid , para guru dan juga pejabat  sekolah.  

Kaprikornus, kami dikoordinir oleh wali kelas, untuk kumpul dan berangkat ke Taman Remaja. Ada kendaraan umum yang memang disewa untuk menenteng kami. Dari titik kumpul di sekolah, lalu baru berangkat bantu-membantu menuju lokasi.

Kakak Nawra, bawa bekal Mie Goreng ke Taman Remaja 

Bagi yang ingin berangkat sendiri, menjinjing kendaraan masing-masing. Juga diperbolehkan untuk pribadi menuju lokasi. 

Waktu itu, aku menyusul ke lokasi alasannya adalah ada urusan sedangkan kakak Nawra, berangkat bahu-membahu dengan ibu guru dan teman-temannya. Naik angkot yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. Ternyata tiba di lokasi, banyak juga sekolah lainnya yang udah kumpul di sana. 

Ini dongeng dulu yah, kini Resmi Taman Remaja Sudah ditutup. Tulisan ini aku buat untuk mengenang Taman Remaja yang banyak menawarkan cerita indah bagi saya dan juga penduduk Bengkulu yang lainnya. Apa kabar kamu, Taman Remaja? Aku Rindu.

Lokasi Taman Remaja

Taman Remaja, letaknya di tempat Lingkar Timur, Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225, Indonesia. Tidak begitu jauh dari pasar Panorama. letaknya sungguh strategis, karena berada di sentra kota.

Di harilibur, taman ini rame diserbu orang

Apa Saja yang Ada di Taman Remaja

Ada 50 satwa yang ada di Taman Remaja. Namun pasca resmi ditutup. Hewan tersebut dikembalikan ke habitatnya.

30 ekor satwa lainnya yang tidak dilindungi, seperti biawak dan kura-kura, dilepas ke sejumlah lokasi seperti di Konservasi Danau Dendam Tak Sudah, maupun di Tahura.

Anak-anak sungguh bahagia diajak menyaksikan binatang secara eksklusif

20 ekor satwa langka , di antaranya Siamang yang dilepas ke daerah Konservasi Bukit Kabu Seluma. Kemudian buaya serta wowo, yang  diserahkan ke Taman Satwa di Bali.

Plus dan Minus Taman Remaja 

Memang sebelum resmi ditutup, taman Remaja ini risikonya kurang terawat dan agak terbengkalai. Dimana para hewan yang ada di dalamnya. Terlihat hidup seadanya, kurang diamati dan berkembang. Kotaran hewannya juga acak-acakan.

Di bab luar, ada banyak para pedagang, ada taman-taman kecil. Ada bangku taman yang juga sering digunakan para hadirin untuk duduk dan ngobrol santai. Sambil menikmati kuliner. 

Kandang Buaya yang kami lihat, memang hidup dalam sangkar dan air seadanya, kasihan sekali

Halaman luar juga biasa dimanfaatkan untuk kumpul keluarga, komunitas. Banyak aktivitas yang mampu digelar di sana. Untuk outbound juga manis, flying fox juga mampu memanfaatkan pohon yang ada di halaman. Mau pake tenda, atau gekar tikar saja, telah asik. Bisa muat banyak orang.

Keluarga saya sering ke sana, meski tidak mesti selalu masuk ke taman Remaja. Duduk di luar sambil makan pempek Panggang yang yummy itu  sembari melihat anak-anak bermain , naik dan berfoto di patung hewan . Sangat asik dan seru. Rekreasi yang murah semarak dan menyenangkan bagi siapa pun. Meski, nyamuk juga banyak. Yah, namanya di alam bebas.  

Taman Remaja Dalam Kenangan

Dibangun semenjak 1984 silam, dan mulai dioperasikan pada tahun 1990. Menurut data yang ada jumlah kunjungan di Taman Remaja mulai dari belum dewasa hingga orang cukup umur mencapai 30 ribu setiap tahun. Banyak juga yah, kalo dikelolah secara profesional dan hitungan bisnisnya juga masuk. Bahkan mampu ditingkatkan. 

Kenali, aku yang jilbab merah yah, zaman itu belum pake jilbab Besurek :)
Dengan retribusi yang sungguh terjangkau. Anak-anak sungguh suka bermain ke sana, selain untuk refresing, juga bisa menjadi media pembelajaran, mengenal berbagai jenis hewan.

Taman Remaja Resmi Ditutup

Pasca Taman Remaja ditutup, per Januari 2017, berdasarkan pemerintah kota Bengkulu saat itu, pengelolaan rencananya akan diserahkan ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu untuk kemudian difungsikan menjadi Taman Remaja kembali. Namun dengan konsep yang terbarukan. 

Januari 2019 nanti, telah dua tahun yah, kita ga bertemu :)

Itu dahulu ya, pernyataan yang telah kita baca diberbagai media baik cetak maupun online, tentang Taman Remaja ini. Semoga belum berubah, kalo pun ada penyesuaian. Semoga menjadi lebih baik lagi. Konsepnya kian up-date dan terbaru. 

Kumpul bareng , di bawah pohon sambil makan, seru loh!

Saya berharap semoga di tahun depan, Wilayah Eks Taman Remaja ini mampu difungsikan secepatnya untuk menjadi taman publik yang lebih bermanfaat, bukan cuma sekedar untuk kumpul keluarga, tetapi mampu menjadi taman untuk kebaikan, taman untuk belajar banyak hal dan taman yang menawarkan faedah bagi masyarakat luas, khususnya bagi penduduk Bengkulu.

Impian Saya Pada Taman yang Bermanfaat.

Bisa jadi yah, akan menjadi Taman Modern, dengan koneksitas internet lancar, higienis, rapi dan tertib. Menjadi salah satu taman andalan untuk dikunjungi. Yah, mumpung belum dibentuk sih. Makara bisa dikonsep dengan semenarik mungkin, bahkan tercanggih deh dari taman-taman yang sudah pernah ada.

Di taman itu, kita mampu mendapatkan banyak inspirasi, mendapatkan pelajaran, mendapatkan motivasi untuk berbuat baik sehingga timbul perilaku dengan sendirinya untuk mempertahankan dan melestarikan taman yang ada.

Taman yang higienis, jauh dari perbuatan maksiat atau buruk. Taman yang membuat kita tidak membuang sampah sembarangan.Dimana terdapat tempat untuk shalat, tempat untuk tadabbur dan intropeksi diri, kawasan untuk berguru apa saja. Tempat untuk berdiskusi , sharing untuk pertumbuhan kota Bengkulu

Taman yang menciptakan setiap yang tiba akan menjadi lebih baik ,jauh dari depresi. Taman yang mendorong pengunjung memiliki ide-ide dan kreatifitas perihal pertumbuhan. Menambah oksigen gres di otak untuk memperoleh inovasi baru. 

Semoga akan muncul banyak muncul pondok kebaikan di Taman Impian

Taman yang saat kita datangi, menciptakan kita menjadi tahu dan mengetahui tentang sejarah dan perjuangan nenek moyang dahulu, yang begitu gigih memperjuangkan dan membangun kota Bengkulu tercinta ini.

Taman yang membuat kita menjadi mengenal diri sendiri, menyayangi keluarga dan peduli terhadap orang lain. Taman yang  ketika kita berada di sana menumbuhkan kasih dan sayang.

Taman Hidayah untuk semua biar menjadi lebih baik.

Beberapa taman bagus di Indonesia, mungkin mampu jadi rujukan atau bahkan Bengkulu, mampu menciptakan taman yang lebih baik lagi.

  1. Taman Kota Batu, Kota Batu
  2. Taman Kota Pecangakan, Bali
  3. Taman Alam Lumbini, Brastagi
  4. Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat
  5. Taman Bungkul, Kota Surabaya
  6. Taman Bukit Bougenville, Singkawang

Kita tantang yuk Pemkot Bengkulu, untuk pengolahan eks taman Remaja ini untuk menjadi lebih baik lagi. Kita niscaya bisa!